Kurang nya Nafsu Makan Pada Ayam Jawa Super

Terkadang siang cukup terik sementara tiba-tiba turun hujan. Akibat keadaan lingkungan seperti ini dapat menimbulkan stress pada ayam kampung. Kurangnya nafsu makan terjadi akibat ayam tidak bisa makan dengan tenang.

Bila tata cara pemeliharaan sudah dilakukan dengan baik namun masalah nafsu makan masih saja terjadi mungkin kita melewatkan hal-hal ini. Dalam artikel ini kami mencoba menyimpulkan
beberapa penyebab dan mengatasi masalah kurangnya nafsu makan pada ayam kampung. Berikut penyebab kurangnya nafsu makan ayam :
  • Pakan
    Banyak sekali akibat kurangnya nafsu makan dari segi ini. Baik itu cara pemberian, jenis pakan hingga kualitas pakan. Seperti pemberian pakan tidak sesuai umur, pakan tidak sama besar saat dicampur, pakan tidak sesuai standar yang dianjurkan serta pakan basi. Segeralah lakukan penanganan jika teknis pemberian pakan tidak tepat. Cara pemberian pakan sudah kami tulis pada cara memberi pakan pada ayam kampung (sistem semi intensif).
  • Ayam tidak sehat
    Ayam tidak sehat ditandai dengan tingkah laku seperti lesu, kaki ditekuk, sayap melemah, bulu kusut, mata tidak bulat, hidung berair dan lain-lainnya serta menunjukkan gejala-gejala ayam terserang penyakit. Hal-hal sering terjadi ketika hidung berair dan hidung ayam tersumbat. Ini jelas menurunkan nafsu makan ayam kampung. Hal ini terjadi saat cuaca dingin dan cobalah cek saluran pernafasannya. Sebelum terjadi hilangnya selera makan segeralah lakukan tindakan penanganan menurut penyakitnya.
  • Suhu dan Kelembaban
    Suhu terlalu tinggi dan terlalu rendah serta pergantian suhu terlalu cepat dapat menimbulkan ayam kurang nafsu makan. Keadaan ini terjadi salah satunya disebabkan karena perpindahan tempat, hujan turun, serta padamnya sumber panas. Suhu tepat untuk ayam kampung hampir sama dengan suhu untuk ayam broiler yaitu antara 25-32 derajad celsius untuk selengkapnya lihat pada suhu ideal ayam kampung.
Tips agar nafsu makan kembali yaitu bolak-baliklah pakan tersebut.

Tips lain yang mungkin bisa dicoba agar nafsu makan ayam dapat kembali :
a. Pakan yang baik adalah pakan yang terkandung nutrisi lengkap dan standar digunakan
b. Tambahkan air jika nafsu makan turun
c. Berikan tambahan irisan daun sledri dan kubis sebagai campuran ransum (untuk ayam kampung organik)
d. Kadar air dalam pakan seharusnya tidak melebihi dari 14% (SNI)
e. Nafsu makan turun bisa jadi anda terlalu sering / semangat memberi pakan, jadi berilah sewajarnya saja.
f. Mengganti jenis pakan secara ekstrim dapat menurunkan nafsu makan. Artinya penggantian pakan misal dari konsentrat 100% ke butiran penuh.

Sekian tips singkat tentang kurangnya nafsu makan. Semoga membantu bagi yang sedang mengalmi permasalahan ini. Akhir kata salam sukses peternak ayam kampung asli Indonesia

Komentar